Selamat Datang

Terima Kasih telah Berkunjung di Blog saya, jangan lupa komenya.

Selasa, 21 Juni 2011

BAB II TINJAUAN PUSTAKA


2.1.   Deskripsi Teoritis
2.1.1.  Pengertian Supervisi Kepala Sekolah

Supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif (M. Ngalim Purwanto Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 2003:32)
Menurut Jones dalam Mulyasa, Menjadi  Kepala  Sekolah  Profesional (2003:155), supervisi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang ditujukan terutama untuk mengembangkan efektivitas kinerja personalia sekolah yang berhubungan tugas-tugas utama pendidikan.
Menurut carter, supervisi adalah usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas-petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran,  termasuk menstimulasi,  menyeleksi pertumbuhan  jabatan dan perkembangan guru-guru serta       merevisi tujuan-tujuan pendidikan,  bahan pengajaran dan metode serta evaluasi pengajaran (Sahertian, Supervisi pendidikan dalam rangka inservice Education , 2000:17)
Supervisi adalah aktivitas menentukan kondisi/syarat-syarat yang essensial yang akan menjamin tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Dari definisi tersebut maka tugas kepala sekolah sebagai supervisor berarti bahwa dia hendaknya pandai meneliti, mencari, dan menentukan syarat-syarat mana sajakah yang diperlukan bagi kemajuan sekolahnya sehingga tujuan-tujuan pendidikan di sekolah itu semaksimal mungkin dapat tercapai.
Jadi supervisi kepala sekolah merupakan upaya seorang kepala sekolah dalam  pembinaan  guru  agar  guru  dapat  meningkatkan  kualitas  mengajarnya dengan melalui langkah-langkah perencanaan, penampilan mengajar yang nyata serta mengadakan   perubahan dengan cara yang rasional dalam saha meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar